Minggu, 27 Oktober 2013

Menjaga Keasrian

Kabupaten Banggai Kepulauan dengan keindahan alamnya yang beragam harus dijaga serta dilestarikan, hal ini seiring dengan keinginan Dinas Kelautan dan Perikanan setempat yang ingin menggali potensi lautnya dengan mengajak semua pihak untuk menjaga keindahan bawah laut. Satu yang tak dilupakan oleh salah satu penyelam yang menyebutkan bahwa alam bawah laut Banggai Kepulauan masih indah, meski tidak sedikit yang sudah dirusak karena bom, jika potas dan bom terus terjadi diperairan maka potensi wisata Banggai Kepulauan tinggal cerita.
Suasana halaman disalah satu rumah di desa Buko
Tak hanya lautnya yang indah, suasana perkampungan yang asri dipinggir laut dengan pasir pantai yang putih serta jernih pantainya menambah betah pengunjung, apalagi jika masyarakat mau secara partisipatif menjaga keindahan laut dari pencemaran dan sampah yang dibuang sampai kelaut. hal ini sudah dilakukan oleh rekan rekan yang tergabung dalam Kelompok Khatulistiwa Alam Lestari yang bertempat di Banggai Laut.

Suasana asri ini semoga terus terjaga, hal ini sejalan dengan harapan mantan Kepala Desa Lumbi lumbia yang juga gencar menginformasikan tentang keunikan ikan Banggai yang endemik itu kepada masyarakat sekitar. Masyarakat masih banyak yang belum mengerti bahwa ikan Banggai cardinal Fish ini adalah ikan endemik dan langka, malah biasanya masyarakat mengambil untuk dijadikan umpat dalam memancing ikan yang lebih besar, hal ini harus sering disosialisasikan agar masyarakat sekitar sadar untuk menjaga potensi daerahnya sendiri ungkap Dominggu.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar