Jumat, 13 Juli 2012

Ubur ubur sampai ke Nyamuk

Tahukah anda bahwa hewan paling mematikan di laut adalah ubur ubur kotak (Chironex fleckeri). Sejak tahun 1954 tercatat 5.567 orang tewas tersengat sungut tentakel hewan itu. alangkah baiknya jikalau berenang di laut menggunakan pakaian pelindung.  Racun ubur ubur akan menyerang jantung, orang yang terkena sengatan itu biasanya mengalami shock. Ketika tersengat di dalam air, korban biasanya tewas sebelum mampu berenang ke permukaan air. Korban yang selamat dari sengatan biasanya mengalami sakit seperti kulit terbakar selama beberapa pekan, kalau ubur ubur yang kecil bisanya kalau kita snorkeling mungkin hanya sepekan lukanya sudah kering.

Ubur ubur jelly box ini hidup diperairan Asia dan Australia. Selain ubur ubur juga banyak binatang berbahaya lainnya. Kobra Asia, Gurita bercincin biru, Kalajengking, Laba laba pengembara di Brazil sampai Nyamuk. Biasanya ketika kita mengunjungi daerah daerah yang berbahaya tubuh kita dianjurkan diberikan vaksin dengan disuntik. Ular Kobra Asia telah memakan ribuan korban tiap tahunnya korban terbanyak berada di Asia Tenggara, Asia Selatan serta Sub Sahara di Afrika.

Kalajengking yang hidup di sekitar kita juga mematikan, diperkirakan ada 25 species kalajengking yang mematikan. Tercatat sebanyak 3.250 orang pertahun dengan kasus 1,2 juta sengatan. Sebagian besar terjadi di Negara berkembang tropis. Ada lagi yang mematikan lainnya yakni Nyamuk, meski kecil Nyamuk pembawa parasit dengan menularkan penyakit malaria ini mampu memberikan kematian dalam jumlah besar terhadap manusia. Pada tahun 2010 sebanyak 537.000 orang mati karenanya. Sebagian besar korbannya terdapat di Afrika, kebanyakan korbannya yakni anak anak dibawah usia 5 tahun. Dengan selalu waspada bersama antisipasi yang tepat kita akan terhindar dari hewan berbahaya.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman




Tidak ada komentar:

Posting Komentar