Rabu, 20 Juni 2012

Pulau Lancang

Kunjungan pertama bagi kami setelah sebelumnya mengunjungi Pulau Pramuka, Panggang, Tidung, Untung Jawa dan beberapa pulau wisata di Kepualauan Seribu. Pulau Lancang bisa ditempuh dari Muara Angke di Utara Jakarta, namun lebih jauh, biasanya orang orang berangkat dari Tanjung Kait Tangerang, Banten. Kami dengan beberapa fasilitator Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dari Klub Indonesia Hijau (KIH) mengunjungi 9 Sekolah di 9 Pulau di Kepulauan Seribu.

Materi PLH yang disampaikan terkait dengan masalah Abrasi, Intrusi Air Laut, Sampah, Terumbu Karang, Hutan Bakau serta Kehidupan sosial Masyarakat di Kepulauan Seribu. "Halloo.. Haii.." suara itu yang memecah keheningan sebagai pembuka pertamuan sebelum melakukan perkenalan antara pihak KIH dengan anak anak di Sekolah.

materi praktek abrasi, intrusiMateri yang kami sampaikan lebih banyak di luar kelas, dengan melakukan praktek anak anak lebih cepat memahami apa yang disampaikan fasilitator. Anak anak juga menjadi narasumber bagi kami dalam hal keseharian di laut. Kegiatan pengamatan alam yang dilakukan di luar ruangan juga sesekali diisi dengan permainan yang bermuatan edukasi. Sudah 11 tahun berlalu, kenangan itu masih kental dalam ingatan. Semoga pelajar dan pendidik terus melakukan penyelamatan lingkungan di Pulaunya.

"Tepuk laut
Luas.. -prok prok prok-
Bergelombang.. -prok prok prok-
Banyak Ikan.. -prok prok prok-"

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar