Sabtu, 30 Juni 2012

Burung dalam sangkar


Berbagai macam kepuasan manusia, ada yang mengoleksi mobil mewah, rumah megah, membelu banyak tanah, rekreasi kemana mana sampai memelihara burung sebagai koleksinya. Masih banyak orang yang memelihara burung di rumahnya. Ketika ditanya hal itu bagian dari kepuasan yang tidak bisa terbayar oleh apapun, siapapun, dimanapun, pokoknya nggak bisa disogok meskipun diancam sampai berdarah darah. Itulah manusia.

Namun pernahkah kita juga memikirkan betapa burung juga menginginkan kebebasan, meskipun didalam sangkar yang terbuat dari emas, meskipun makanan kesukaannya terus yang enjadi pakannya. Tetap saja seekor burung lebih indah terlihat di alamnya, ketika kami menyusuri jalan didekat sungai, burung raja udang selalu tampil meskipun hanya sebentar, di padi kami sering menjumpai bangau putih terbang dengan bebas. Di jalan jalan menuju Ubud kadang tekukur melepas lelah diaspal. sungguh pemandangan yang sangat menyenangkan.

Banyak orang memelihara burung karena suaranya, karena keunikannya, karena semakin langka semakin membanggakan dan lain sebagainya. Beberapa hari yang lalu saya juga menyempatkan mampir ke pasar burung, banyak burung yang setres, pindah dari sudut kesudut kandang lainnya. sungguh pemandangan yang memusingkan kepalaku. semoga keadaannya tidak seburuk pradugaku padamu. bagaimana dengan anda, masih ingin memelihara burung di kandang.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar