Minggu, 01 Juli 2012

Kisah Anjing di Gunung Batur

Gunung Batur merupakan salah satu gunung suci di Bali, kita bisa melihatnya dari Kintamani. Pemandangan nan indah ini juga bisa dilihat dari danau Batur ketika kita mau turun ke bawah danau. Gunung yang terbilang masih aktif ini bukan hanya berbahaya. disamping keindahannya menyimpan banyak kasih. Setelah letusan panjang gunung Batur, banyak yang bisa didapatkan, hasil jeruk yang melimpah, sayuran, kayu, cengkeh serta pasiryang selalu menjadi incaran. Kawahnya yang curam menyimpan kasih.

Di sekitar kawah terdapat anjing liar Kintamani yang konon ditinggalkan pemiliknya ketika bunting, kini anjing itu tinggal di gua dan memiliki banyak anak. Anjing Kintamani memang telah banyak bercampur. Maklum anjing, kawin terus. Mungkin inilah anjing yang tinggal paling tinggi di Bali, di ketinggian 1700 mdpl anjing ini menggonggong kepada pengunjung yang ingin ke puncak, tidak galak, hanya menyapa. anjing ini makan seadanya, dari belas kasihan pengunjung serta mengais sisa makan wisatawan yang berhasil sampai di puncak.

Anjing ini memberi kesan tersendiri bagi kami, penjaga gunung yang baik. Anjing diketahui melindungi orang yang sudah dikenalnya, penurut serta berusaha keras mempertahankan teritorialnya. Anjing Kintamani dikenal pemberani, waspada dan curiganya cukup tinggi kepada siapapun yang belum dikenal, memiliki ketangkasan dalam berburu, anjing ini dapat digolongkan kedalam anjing pekerja dengan ukuran yang sedang. Memiliki keseimbangan tubuh yang proposional dengan tulang serta otot yang kuat. Gunung Batur menjadi rumahnya dalam mengisi hidup.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman


1 komentar: