Rabu, 11 April 2012

Belajar dari Penyu

Tahu film Kura-kura Ninja kan ya.. ?, keluar sarangnya dan siap menumpas kejahatan. Lain halnya dengan cerita ini, kura-kura yang ada di laut itu adalah penyu, kalau kura-kura kepalanya bisa bersembunyi dalam tempurung, sementara penyu tidak, penyu dapat ditemukan disemua Samudera di dunia. Para ilmuan mengemukakan bahwa Penyu dengan panjang  enam meter sudah ada dari jamannya Dinosaurus, sekarang ukurannya lebih kecil.

Kalau mau bertualang belajarlah dari penyu, sepanjang hidupnya berkelana di dalam air, sesekali hewan kelompok vertebrata kelas reptilia itu naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Oh ya.. penyu bernapas dengan paru-paru. Penyu pada umumnya bermigrasi 3.000 kilometer dengan waktu  tempuh 58 – 73 hari. Penyu yang menetas di perairan pantai Indonesia ada yang ditemukan di sekitar kepulauan Hawaii. Penyu diketahui tidak setia pada tempat kelahirannya. Yang ngaku petualang belum tentu kayak gini.


Tidak banyak regenerasi yang dihasilkan seekor penyu. Dari ratusan butir telur yang dikeluarkan oleh seekor penyu betina, paling banyak hanya belasan tukik (bayi penyu) yang berhasil sampai ke laut kembali dan tumbuh dewasa. Itu pun tidak memperhitungkan faktor perburuan oleh manusia dan pemangsa alaminya seperti kepiting, burung dan tikus di pantai, serta ikan-ikan besar. Tahukah kamu bahwa jenis kelamin tukik ditentukan pada suhu di dalam pasir. Suhu hangat menghasilkan lebih banyak betina, suhu dingin menghasilkan banyak tukik jantan.



Anak-anak Serangan-Bali mengamati penyu hijau


Penyu mengalami siklus bertelur yang beragam, dari 2 – 8 tahun sekali. Penyu jantan menghabiskan masa hidupnya di laut, kalau yang betina bertelur mampirnya ke pantai. Penyu betina menyukai pantai berpasir yang sepi dari manusia dan sumber bising serta cahaya kalau keganggu sedikit aja maka niatnya jadi berubah, dalam lubang yang digali dengan sepasang tungkai belakangnya bisa menghasilkan ratusan telur. Bisa dibayangin nggak kalau penyu betina update status kalau lagi mendarat ke pantai, pasti jadi cepet punah.



Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar