Jumat, 27 Maret 2020

Teknik Hidup Alam Bebas

Setiap hari Jumat rekan rekan Siswa Pecinta Alam SMA 7 Jakarta atau yang lebih dikenal dengan Sapta Pala melakukan materi kelas rutin setiap minggunya, yang jatuh pada hari Jumat.

Biasanya para senior berbagi pengalaman terkait Kepecinta Alaman. Kali ini Cholis yang juga anggota Mapala UMY berbagi tentang Navigasi Darat, Survival serta pengalaman seru lainnya.

Dengan keadaan yang serba terbatas, kawan kawan tetap semangat belajar memperoleh bekal untuk memperkuat karakter. Karena alam memberikan kejujuran, kasih sayang, keberanian serta segala inspirasi lainnya. Dari bekal kami belajar, kami memiliki tekad, mengharumkan nama Almamater Tercinta, SMA Negeri 7 Jakarta.

Kami sama sama belajar, membalik tanah, merapikan maksud demi maksud. Merangkainya menjadi mimpi bersama. Di luar kami, tidak sedikit yang masih menganggap organisasi kami sebagai organisasi yang urakan.


Orang orang yang memiliki pemahaman keliru pada kami tetap saudara bagi kami. Mereka memberikan pupuk untuk kami terus berbuat yang lebih baik. Dalam materi kelas kami disuguhkan tentang muatan muatan sederhana sehingga mudah dipahami.


Materi luar kelas kami jadikan ajang praktek langsung. Kami yakin, pengalaman adalah guru yang berharga. Salah hal yang lumrah, namun jangan berulang. Kami terus berusaha menjadi yang terbaik.
Di sini kami terus mengasah kemampuan kami dalam beradaptasi, bersosialisasi, mencari akar permasalahannya, mencermati lebih dalam, baru mencari solusi bersama. Tak ada yang sempurna, dan terus menuju ke arah yang sempurna.

Dalam menghadapi masalah ada dua jalan yang kita pilih, adaptasi atau mitigasi, kita bisa memilih berkompromi dengan lingkungan, berbaur dengan keadaan atau melakukan pencegahan di awal. Orang yang biasa hidup di alam akan lebih cermat dalam membaca hal tersebut.
Kesimpulannya, ketika kita memiliki bekal niscaya kita akan ambil jalan yang terbaik. Bekal yang terbaik adalah pengalaman. Orang yang pintar belajar dari pengalamannya sendiri, sementara orang yang cerdas bisa belajar dari pengalaman orang lain.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar