Minggu, 24 Agustus 2014

CEMARA LAUT

Denpasar,22/08/2014. Sanur Village Festival pada tahun 2014 juga melakukan penanaman, jika selama ini tanaman muara selalu identik dengan pohon bakau atau mangrove, sebenarnya ada tanaman lain yang juga memiliki keunggulan sebagai penahan abrasi. Diantaranya ada tanaman nyamplung, cemara laut dan lain-lain. Anda akan mengetahui beberapa keunggulan menanam bibit cemara laut, yaitu :
  1. Tanaman cemara laut memiliki struktur akar dan batang yang kuat sehingga tahan dari gempuran ombak.
  2. Tanaman cemara laut mampu tumbuh besar dan melebar sehingga memiliki sifat penahan angin yang efektif.
  3. Tajuk tanaman cemara laut merindangkan sehingga sangat efektif untuk menciptakan iklim yang lebih baik bagi kawasan pantai.
  4. Tajuk tanaman cemara laut juga memiliki daya pikat estetik yang dapat memperindah kawasan pantai secara keseluruhan.
  5. Kayu dari cemara laut memiliki nilai ekonomis yang lumayan baik dipasaran. kayu ini memiliki sifat daya bakar yang baik sehingga kerap menjadi bahan baku korek api.
  6. Tanaman cemara laut dapat hidup pada hutan homogen dan hutan heterogen bahkan juga bisa menjadi tanaman penaung bagi tanaman produktif.
  7. Tanaman cemara laut ini memiliki akar yang mampu menusuk ke dalam dan mengikat nitrogen, sehingga juga baik untuk meningkatkan kesuburan tanah dan merehabilitasi tanah pada kawasan pantai.

    Pada dasarnya tidak ada teknik khusus dalam menanam dan merawat tanaman cemara laut. Selain tanaman ini tergolong kuat dan tahan penyakit, cemara laut sudah terbiasa hidup dalam habitat sulit di daerah muara. Cemara laut merupakan tanaman yang memiliki sifat bawaan yang berbeda dari tanaman lain.
    Salah satu kunci utama dalam menanam bibit cemara laut hanya terletak pada pembuatan lubang tanam yang cukup dalam serta ajir yang kuat. Karena pada awal penanaman, bibit cemara laut masih cukup rentan, sehingga belum sepenuhnya kuat dari terjangan ombak dan angin. Sementara untuk jarak tanam, bibit cemara laut tidak membutuhkan jarak tanam yang terlalu renggang, karena memang tajuk cemara laut dewasa lebih kompak dan singset.

    Untuk perawatan, tanaman cemara laut tergolong tanaman yang tidak membutuhkan perawatan intensif yang berlebihan. Penyiraman dan pemupukan berkala bisa membantu tanaman untuk dapat tumbuh lebih sehat dan optimal.
    Yang perlu Anda perhatikan dalam penanaman bibit cemara laut adalah pada usia 1 tahun pertama. Kondisi tanaman yang masih kecil dan belum kuat, terkadang harus berhadapan dengan gempuran ombak namun juga gundukan sampah yang ikut terbawa ombak. Gundukan sampah bisa membawa bakteri pembusuk dan lumut sehingga akhirnya mematikan bibit cemara laut. Sebaiknya pembersihan kawasan pantai dari sampah tetap perlu menjadi rutinitas demi meningkatkan kualitas ekosistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar