Selasa, 01 Oktober 2013

Lumbi lumbia dan sekitarnya

Pagi itu begitu akrab, gradasi warna kepulauan yang menyatu, makin jauh warnanya semakin pekat. Kilatan cahaya ombak bergantian masuk ke jendela mobil yang terpantulkan dari mentari. Cahaya pun masuk menembus jalan dari nyiur yang rapat di pinggir pantai. Terumbu karang aneka rupa, warna laut yang jernih, tembus sampai ke dasar.

Lumbi lumbia adalah nama Desa di Kecamatan Buko Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Dari Salakan Lumbi lumbia bisa ditempuh lewat darat dengan jarak 134 km. Sebelum sampai ke Lumbi lumbia kami sempatkan mengambil gambar karena keelokan Desa desa di sepanjang pantai, terasa hidup di tahun 70 an.

Sebagian besar masyarakatnya hidup dari nelayan, berkebun, di kebun mereka menanami coklat, mente, kelapa, cengkeh dan lainnya. Yang khas dari pulau ini, masyarakat mananam Ubi Banggai yang rasanya sangat dahsyat, super legit. Populasi masyarakat di Lumbi lumbia 43 orang per km2, jadi bisa dibayangkan masih banyak kebun terhampar luas.

Yang paling wahid adalah pemandangan Baharinya dari dalam laut, terumbu karang dengan aneka ikan karangnya, padang lamun, hutan mangrove serta pulau pulau kecil dengan bibir pantainya yang putih landai serasa di dunia lain. Tempat yang seperti ini sangat cocok untuk mengisi liburan panjang anda.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar