Kamis, 13 Juni 2013

Hasil Tangkapan

Bulan terang mempengaruhi tangkapan nelayan berkurang. Namun sekarang semua sulit diprediksi. Menurut prakiraan cuaca tahun ini bisa jadi Indonesia tak mengalami musim kemarau. Kehidupan sejahtera di lautan pun begitu. Di sekitar Jimbaran kualitas air laut semakin lama semakin tidak baik,hal ini dikarenakan buangan limbah dari sungai ungkap salah satu nelayan di Tuban. Air laut yang keruh juga mempengaruhi terumbu karang sebagai rumah ikan tumbuh dengan wajar, malah bisa mati.
Salah satu jenis tangkapan nelayan, jenis ikan terbang
Lain halnya dengan keseharian para nelayan di Bali utara, meski air lautnya tidak keruh, hasil tangkapan juga berkurang, hal ini diakibatkan faktor penunjang seperti kualitas terumbu karang yang semakin tidak lestari. Untuk itu dalam beberapa tahun terakhir para nelayan secara sadar bahu membahu untuk membuat terumbu karang buatan.
Para istri membagi hasil dari tangkapan suaminya usai melaut
Meski hasilnya tidak langsung dipetik, hal ini merupakan investasi jangka panjang ungkap Made Partiana. Semoga upaya pelestarian dalam bentuk pembuatan rumah ikan terus berlanjut,dan kehidupan nelayan bisa mengalami masa kejayaan seperti di tahun 70,80 sembungnya.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar