Senin, 15 April 2013

Norma

Apa cita citamu ?, ada yang mau jadi Presiden, Dokter, Pilot jarang sekali yang saya temui mengungkapkan menjadi petani. Beriring berubahnya waktu anak anak merubah cita citanya sesuai kemampuan yang dimiliki. Lama kelamaan dia ingin menjadi sesuatu, yang mereka semua tau bahwa itu dirinya. Menjadi diri sendiri sebetulnya cukup mudah, jujur sesuai kata hati. Dengan kemilaunya warna kehidupan banyak orang yang mencampur warna dengan idolanya sehingga tidak menjadi diri sendiri.

Dalam kehidupannya banyak hal yang yang dilawan, diikuti, diperdebatkan, menjadi diri sendiri menjadi langka, banyak orang mengejar standar yang sama. Menurut Imam Ghozali ada tiga norma yang ada dalam kehidupan ini, pertama norma adat, kedua norma ilmu dan yang ketiga adalah norma agama, yang melanggar norma adat dianggap gila, yang melanggar norma ilmu dianggap bodoh dan yang melanggar norma agama dianggap fasik.

Norma merupakan patokan prilaku dalam kelompok tertentu, jadi banyak sekali norma dalam kehidupan masyarakat. Dengan norma norma yang berlaku orang terlebih dahulu memperhitungkan bagaimana tindakannya dinilai oleh orang lain. Dari norma pula orang bisa mendukung atau menolak prilaku seseorang. Seperti isi dan muatannya, mampukah batako ini mempertahankan masa uap ketika matahari datang menyinari, norma berganti norma yang baru, sesuai dengan keadaan. Mampukah kita menjadi diri sendiri yang mampu menjaga atau meninggalkan norma, bagai uap pergi ke udara.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar