Selasa, 16 April 2013

Majapahit

Sekilas seperti jeruk Bali, banyak orang juga menyangka seperti itu, maklum daun dan buahnya mirip sekali, terlebih buah ini tumbuh di Bali. Ternyata bukan, buah ini ketika kering batoknya bisa dimanfaatkan sebagai tempat air. Tumbuh di depan teras Istana Tampaksiring, beberapa guide menceritakan tentang buah ini. Menurut sejarah kerajaan majapahit namanya diambil dari buah ini. Karena buah Maja, begitu namanya terasa sangat pahit, sehingga disebutlah kerajaan Majapahit. Nama kerajaan sendiri juga tadinya merupakan nama Desa yang disadur dari nama pohon tadi.

Majapahit sendiri merupakan kerajaan kuno Indonesia yang berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Rajanya hayam Wuruk merupakan raja terkenal yang memegang tampuk kepemimpinan yang berkuasa dari tahun 1350 - 1389. Yang luar biasa dari kerajaan ini bahwasanya Majapahit menguasai kerajaan di semenanjung Malaya, Borneo, Bali dan Filipina.

Siapa sangka bahwa Majapahit adalah Kerajaan terbesar dalam sejarah Indonesia, yang merupakan kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang menguasai Semenanjung Malaya. Kekuasaannnya membentang dari barat Sumatera sampai ke Timur Indonesia, utara Malaysia dan masih banyak daerah yang masih diperdebatkan sampai sekarang sebagai kekuasaan Majapahit. Siapa sangka bahwa semua cerita tadi terinspirasi dari sebuah buah Maja yang pahit.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar