Selasa, 16 April 2013

Ngalor Ngidul Seni Pertunjukan

"Tak lagi menarik, sulit dimengerti,kurang interaktif", sekelumit alasan tadi dari banyak alasan poteret semakin buramnya seni pertunjukan. Orang orang lebih memilih interaksi yang memiliki tantangan, misal lewat games online. yang menyentuh perasaan dan mudah dipahami seperti lewat lagi. Seni pertunjukan seperti kisah barong ini malah diminati pendatang yang ingin melihat kisah Barong lebih dekat.

Kisah ini syarat makna, di balik kita ingin mempercayainya atau tidak. Barong adalah hewan purba yang melambangkan kebajikan. Barong bisa dilihat dalam gambar baju khas Bali. Namun banyak pemakai baju itu belum tentu tahu apa itu barong, ditambah dengan kisahnya yang sudah dianggap usang.

Tiap fase selalu ada yang lahir serta berakhir dengan kepunahan, lihat saja badak Jawa, hewan pemalu yang sekarang hidup di sebelah barat Jawa. Jika tidak dijaga nasibnya akan sama dengan saudaranya Harimau Jawa, sang penjaga hutan yang luar biasa fokus dalam mencari mangsa.Kini tergantikan Transformer, naruto, Doraemon. yang mengajak imaji lompat kemasa depan.

Barong adalah imaji masa silam yang perlahan tergantikan. Layar layar TV adalah seni pertunjukan gaya instan yang lebih diminati dibandingkan seni pertunjukan konvensional. Semuanya adalah sarana untuk memetik makna, sehingga manusia lebih arif dan bijaksana.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar