Jumat, 15 Maret 2013

Nasi Uduk Margonda

Memang banyak nasi uduk dimana mana, nasi uduk ini juga nggak terlalu spesial, tapi yang jelas nggak mahal. makanan khas betawi ini makin lengkap kalau ada jengkolnya. Untuk membuat nasi uduk sebetulnya nggak repot, bagi yang uda sering masak pasti bisa buatnya. Bahannya kan cuma beras sama santen kelapa, sementara bahannya cuma dua lembar daun salam, dua batang sereh ditambah garam, maka jadilah nasi uduk.

Kalau nggak mau ribet ya dateng aja ke warung warung terdekat, biasanya jadi sarapan pagi. Di jalan margonda Depok saya lepaskan hasrat itu, mumpung ada di Jakarta dan nggak perlu ribet cari yang susah susah, di pinggir jalan juga ada. Tambahan nasi uduk juga cukup variatif, dari telur ceplok, telur dadar yang diiris, telur rebus iris, ayam goreng, ayam semur sampai gorengan, oh iya, biasanya temen akrabnya tempe orek sama bihun.

Kebetulan jalan dari Jakarta menuju Bogor kami lakukan dengan berkendara berdua,perjalanan masih jauh jadi nggak ada salahnya sarapan dulu. Temen temen yang belum ngerasain nasi uduk silahkan rasain makanan tradisi ini. Biasa.. akhir akhir ini banyak orang yang aneh, bangga dengan makanan ala luar, mungkin biar dianggap enggak ketinggalan jaman. Oh iya.. kebayang nggak sih gurihnya bawang goreng serta legitnya bumbu kacang yang biasa disuguhkan bersamanya. Iget, melestarikan makanan lokal berarti mendukung pertahanan pangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar