Senin, 18 Maret 2013

Awan Tumpah (hujan asam)

Hujan asam karena memiliki keasaman yang sangat tinggi disebabkan karena adanya pembakaran berlebih, di pabrik pabrik, kendaraan bermotor serta aktifitas lainnya yang membuat udara semakin tercemar. Partikel partikel yang mengepul keangkasa mengandung zat zat berbahaya yang merugikan kesehatan kita. Peda manusia semakin banyak penyakit asma dan paru paru dikarenakan beberapa aktifitas tadi. Kualitas udara semakin tidak lagi berpihak bagi para penggunanya.

Tidak hanya itu, tumbuhan dan hewanpun terkena dampaknya, lihat saja indikator sederhana di pinggir pinggir jalan, kulit kulit pohon menjadi hitam karena serbuk timah dan tembaga dari bahan bakar kendaraan, dedaunan ditumpuk debu yang membuat proses fotosintesispun sedikit terhambat, hal ini menyebabkan tumbuhan menjadi kerdil, sementara hewan semakin pendek usianya. Untuk air yang sudah terkena hujan asam biasanya Phnya menjadi lebih buruk, katakan saja Ph nya 5, bayangkan dari Ph 5 maka 75% spesies ikan akan hilang.

Kalaupun ada yang hidup dan dikonsumsi manusia itu juga menjadi masalah, itu mengapa pada jaman sekarang usia manusia jarang sekali yang berumur diatas 70 tahun. Hujan asam juga bisa mengakibatkan kangker kulit. Besi besi cepat menjadi karat, saya analogikan kalau besi saja cepat rabuh bagaimana dengan tubuh kita. Tolong bayangkan lagi dampaknya jikalau kita mau melakukan sesuatu, masa kalau dekat aja harus pake kendaraan bermotor. Jikalau hal ini terus dilakukan, maka nantikan apa jikalau awan itu tumpah.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar