Senin, 10 Desember 2012

Mengenal Laut Lebih Dekat

Pada tanggal 8 Desember 2012 puluhan pendaki gunung, pemanjat tebing, penyusur goa serata yang sering mengarungi liarnya arus sungai mulai belajar mengenal laut. Garis pantai Negeri ini yang memiliki garis terpanjang di Dunia dengan laut yang sangat luas, mestinya jadi perhatian utama. Lihat maraknya perampokan ikan di laut oleh Negara tetangga. Pengeboman karang, potasium yang makin membuat sempit segitiga terumbu karang Bumi yang ada di Indonesia.

Rayon III Mapala PTM menyimak materi kelautan
Melalui pengenalan laut diharapkan para penggiat alam bebas bisa mempelajari semuanya, bukan hanya di darat tapi perhatian di laut, beberapa gerakan juga sudah di jalankan, salah satu contohnya adalah Ekspesisi Borobudur beberapa tahun lalu yang mengelilingi Dunia, kemudian baru baru ini kawan kawan ada yang melakukan Ekspedisi garis Terdepan pulau pulau di Nusantara. Wacana ini sangat berguna, mengingat selama ini pemerintah menamakan sebagai garis garis terluar Nusantara.

Sedikit demi sedikit peserta menyimak tentang Konservasi Laut. Bagaimana menjaga lautnya dengan baik, bagaimana menyiasati perjalanan dengan manajemen perjalanan yang baik, semuanya diulas dalam pertemuan ini. Pertemuan tindak lanjut rekan rekan dari Mapala Perguruan Tinggi Muhammadiyah Rayon III menindak lanjuti dengan pelatihan snorkeling. Diharapkan Mapala juga bisa memiliki konsentrasi pada perariran, dalam kegiatannya makin beragam, bakin banyak yang diraih serta jadi pejuang lingkungan. Selain Rayon III dari Jakarta dan Tangerang juga hadir rekan rekan dari Ambon, Lampung, Lombok dan Aceh.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar