Minggu, 16 Desember 2012

Pegagan di Pengajian Bulanan

Pada pertengahan bulan di akhir tahun 2012 kami dari Sevenist Club (Alumni SMAN 7 Jakarta) mengadakan pengajian bulanan. Pengajian bulanan pada kali ini tidak seperti biasanya, karena selain mengaji kami juga melakukan kegiatan Tea Walk. Pagi hari kami melipiri dua punggungan di sebelah barat tempat menginap, tempatnya persis di sebelah utara Taman Safari Indonesia, Cisarua , Jawa Barat.


Pegagan tumbuh liar di tengah hutan

Di dalam hutan kecil monokultur di tengah tengah yang di bawahnya terhampar kebun teh. Kami menemukan tanaman liar yang sudah tidak asing lagi.  Tanaman ini memiliki beragam penamaan lokal, di Aceh disebut dengan Pegaga, di Sunda bernama Antanan namun banyak yang mengenal dengan sebutan Pegagan. Pegagan merupakan tanaman menjalar dan memiliki bunga sepanjang tahun. Pegagan tumbuh subur di atas tanah, ada yang berwarna merah dan hijau. 

Tanaman ini terasa manis, bisa juga dibuat sebagai lalapan. Yang penting dari tanaman ini "Pegagan" memiliki fungsi seperti membersihkan darah, penurun panas, menguatkan daya ingat. Ketika di Tim kami ada yang terkilir tanaman ini juga bisa berguna untuk mengobati hal itu. Tak terasa keringat yang keluar karena lelah terbayarkan oleh informasi saling bicara tukar cerita, hingga matahari semakin meninggi.
Buat yang lain juga nggak boleh emosi kalau jalannya agak jauh, ketika marah pegagan juga bisa menjadi obat peredam emosi hehe..

Salam berbagi,

Fadlik Al Iman

1 komentar:

  1. TEASA SEKALI MANFAAT SILATUROHIM KALI INI, SEHAT, NYAMAN, HAPPY, BANYAK LAGI DEH.

    MASIH AKAN ADA LAGI SILATURAHIM MACAM INI, GABUNG YUK, ...SEMPETIN DEH. INSTAALLAH NYAMAN !

    BalasHapus