Selasa, 11 September 2012

Medan Rawa


Pulau Borneo dikenal dengan sebutan Negeri sejuta rawa, bagi yang biasa mendaki gunung, menyusuri sungai, menelusuri gua, memanjat tebing, menyusuri pantai bisa mencoba medan yang berbeda seperti rawa. Ketika medan yang dihadapi berbeda tentunya perlengkapan yang disiapkan juga berbeda. Pertama tama saya membawa semua perlengkapan untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, namun berjalannya waktu semuanya bisa ditinggalkan menginggat membutuhkan pergerakan yang cepat dan waktu yang tidak lama.

Medan rawa yang sering sekali pasan dan surut yang dipengaruhi debet air. Hujan, anak sungai yang bermuara kekolam kolam kecil yang membentuk rawa atau rawa besar yang menggenang sepanjang tahun. Air rawa disini berbeda karena kadar asamnya tinggi 3-4. Rasanya asam, warnanya cokelat jika terus menerus diminum bisa mengakibatkan gigi ompong. Cerita yang lainnya bahwa didaerah rawa sebelah barat kawasan Suaka Margasatwa Suangai Lamandau terletak lokasi Danau Burung, daerah ini dihuni oleh berbagai macam burung, buaya senyulong, ular pyton, rusa dan lainnya sementara tumbuhannya rasau, rasak, peredu sampai tanaman keras juga paku pakuan dan anggrek.

Jalan dimedan rawa sangat mengesankan bagi kami, terlebih perasaan menginjak pyton jika menginjak dasar rawa atau menyentuh tubuh buaya senyulong, terbayang beberapa tahun yang lalu ada yang dimakan buaya di daerah sungai, untuk itu perlu persiapan yang matang dalam menyusuri medan rawa. Jika anda melakukan perjalanan satu hari Pulang Pergi  (PP) bawalah perlengkapan yang benar benar dibutuhkan.

Kita urutkan dari kepala hingga ke kaki untuk perlengkapan pribadi, membawa topi untuk pelindung kepala, lengan panjang, sarung tangan, terlebih rumput rumput di medan rawa tajam seperti silet. bawalah makan dan minum secukupnya. Jangan berpisah dari kelompok, usahakan membawa tali, tongkat untuk pengaman, jikalau kita berjalan perlahan tentunya banyak hewan yang ditemukan. Sungguh medan rawa memberi tantangan tersendiri bagi kami. Sepatu boot, tracking tidak ampuh disini.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman



Tidak ada komentar:

Posting Komentar