Selasa, 10 Juli 2012

Tentang Ikan

Bagi para penggemar mancing, tahukah bahwa segala jenis organisme seluruh atau sebagian dari siklus hidupnya berada di lingkungan perairan itu disebut ikan. Penjelasan itu ada di dalam Undang Undang No.45 Tahun 2009. jadi udang, rajungan,kepiting, kerang, tiram, cumi, siput, ubur ubur, teripang, bulu babi, kodok, buaya, penyu, kura kura, ular air, rumput laut itu termasuk ikan. Percaya enggak percaya ya harus percaya. Ikan ada yang hidup di air tawar ada juga yang di laut.

Pada tahun 80an, 90an dan masih ada juga yang ngumpet ngumpet sampai sekarang mengambil ikan dengan cara yang tak ramah. Mau ngambil ikan tapi semuanya kena sasaran, hal ini biasanya dengan menggunakan seterum, potas, sianida yang sudah sangat dilarang. Selain mengganggu kelangsungan kehidupan ikan, ikan ikan itu juga terlihat tidak segar. Ya iya lah.., matinya enggak normal atau teler sekejap.

Untuk semua yang mau beli ikan juga bisa diperhatikan pada mata ikan yang segar itu memiliki warna jernih dan nampak cembung, pada ingsang berwarna merah dan segar dengan bau khas ikan, amis, bukan bau borak, bau pengawet lainnya. Sisik pada ikan yang segar pastinya masih menempel bagus sementara daging ikan yang segar biasanya elastis, jika ditekan maka tubuhnya akan kembali normal keposisi awal, ikan yang segar juga memiliki lendir yang tipis serta transfaran pada tubuhnya. Jadi ingat, jangan mengkonsumsi ikan yang menggunakan bahan pengawet, jangan juga mengkonsumsi ikan ikan yang dilindungi.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar