Jumat, 20 Juli 2012

Puasa hari pertama

Selamat datang Ramadhan 1433 H, pengalaman menjalani puasa dihari pertama di tempat yang beda pasti punya cerita, terlebih di sekeliling kita memiliki keyakinan yang berbeda. Puasa di Bali memilih hari pertama pada tanggal 20 agustus 2012. Muhammadiyah ya..?, saya sih ikut pemerintah aja, "besok !", ujar kawan yang tidak berpuasa dihari ini karena memang belum dimulai, jadi pada kerumunan orang yang dihidangi pangan organik biasanya agak goyah dites kaya gitu, tapi namanya uda niat jadi lanjut aja.

menahan hawa nafsuPuasa melatih kesabaran, gimana nggak sabar kalau tenaganya juga uda enggak ada hehehe.., pikiranpun terlatih untuk lebih tenang, kata kata sedikit terjaga, ya.. juga karena lemes hehe..,  untung cuacanya juga enggak terlalu panas, lappar uda diujung lambung, sekitar jam 2 siang untungnya saya meninggalkan kegiatan itu, jadi suasananya ngebantu. Puasa melatih semuanya. Pagi pagi naik motor, jatoh, yang biasanya enggak jatoh, menghindari menabrak induk ayam kampung. Cobaan ada aja, tapi itu intinya. Kesabaran akan membuat semuanya jadi biasa, dilewati tanpa amarah dan dendam.

Jam 3 sore saya sampai di rumah, saking capeknya milih tiduran dan langusng tertidur. Lepas bangun mengisi waktu dengan nyuci, loh katanya lemes ?!, (kan ada mesin cuci.. ckckck..., enggak terasa lebih setengah jam mesin cuci bekerja, sedikit beres beres rumah, mencuci piring, sedikit masak sampai nggak terasa waktu berbuka. Puasa hari pertama terlewatkan, buka puasa pun tiba.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar