Rabu, 25 Juli 2012

Kelapa Bali

Pohon kelapa disatu senjaOrang Bali sangat menghargai lingkungan, yang biasanya selalu ada pada rumah rumah di Bali yakni pohon Kamboja, serta Kelapa, dua pohon itu terbilang wajib. Meski di Kota Besar seperti Denpasar serta Buleleng juga lahan semakin terbatas. Pohon kelapa dekat sekali dengan keseharian manusia, di pesisir contohnya. namun pohon ini juga bias tumbuh di daerah daerah seperti pegunungan. Yang lain dari pohon kelapa di Bali, basa pada pucuknya banyak yang sudah tidak ada. Biasanya kerap dijadikan untuk keperluan upacara.

Kita mengenal pohon kelapa banyak sekali memiliki kegunaan, mulai dari akarnya yang bisa dijadikan meja, perlengkapan lainnya. Batangnya untuk bahan bangunan, banyak bale bengong tiangnya dibuat dari batang kelapa, bahkan pada atapnya juga memakai pohon kelapa. Apalagi buahnya, banyak sekali yang mengkonsumsi dari minuman sampai diolah untuk penyedap makanan, santannya membuat banyak makanan gurih dan lembut olehnya.

Sekarang semakin sulit mencari kelapa kelapa yang tua, banyak pohon kelapa yang muda sudah dipanen batangnya untuk bangunan, padahal hal itu juga belum standar. Ada cerita unik dalam menanam kelapa di Bali, Bakal tunasnya digendong gendong seperti bayi diayun ayun, hal ini diharapkan agar pohon kelapanya itu bisa subur dan berguna untuk kebaikan. Sementara apabila menebang pohon diupayakan untuk menanamya kembali.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar