Minggu, 03 Juni 2012

Menyelesaikan permasalahan bersama

Manusia memiliki kemampuan dan beberapa hal yang belum dimilikinya, hal inilah yang menjadi menarik. Seorang guru berkeluh tentang anak didiknya yang susah sekali untuk belajar, mungkin guru belum menemukan metode yang pas untuk mengajari murid. Jadi bisa dipastikan bahwa perbedaan harusnya bisa mengajak kita untuk sama sama belajar, dalam tim ketika berbeda harusnya tim tersebut bisa menjadi kaya. Misalnya dalam satu tim sepak bola, ketika semuanya penyerang maka tim tersebut tidak akan kuat, harus ada yang menjaga gawang, disiplin pada posisinya masing masing.


menyelesaikan satu masalah yang ditemui bersamaKadang kordinator belum bisa memberikan contoh yang baik, bagaimana kita bisa memberikan pemahaman pentingnya posisi kordinator atau kapten kesebelasan sehingga kita bisa sama sama menyelesaikan permasalahan yang ada pada tim. Dalam melakukan aktivitasnya kadang kala kita memiliki benturan baik itu disengaja maupun tidak, hal ini harus diperhatikan sebagai smangat membangun untuk tim bukan menghancurkan. Dalam analogi melakukan sebuah perjalanan dikala kita ingin mencapai suatu yang sama maka kita akan sama sama bewujudkannya. Hal ini terjadi pada saat ingin memperoleh kemerdekaan, atau dalam tim sepak bola dan lain sebagainya. Harus ada targetan yang sama sehingga tim menjadi kompak. Harus sampai ke satu tempat atau melawan segala bentuk narkoba dan kekerasan, jikalau objek lawannya atau targetnya disatukan maka niscaya tim akan menjadi kompak.


Dalam melakukan aktivitas pasti ada proses yang dilakukan, menemui kendala dan solusi, jikalau hal tersebut tidak dikomunikasikan maka akan terjadi miskomunikasi, dalam hal yang lain juga hanya sentral tokoh yang mengetahui. Harus ada pengayaan pada semua person di dalam tim sehingga satu sama lain ketika menemukan masalah saling bahu membahu menyelesaikan masalah tersebut. Itu sebabnya ketika kami menemukan masalah, maka masalah tersebut diselesaikan secara bersama sama.


Salam berbagi,
Fadlik Al Iman



Tidak ada komentar:

Posting Komentar