Jumat, 08 Juni 2012

Hari Lingkungan Hidup (HLH) dan World Ocean Day (WOD) (5 dan 8 Juni 2012)


Dalam memperingati HLH dan WOD 2012, Yayasan LINI bersama Kelompok Nelayan Mina Lestari Desa Les, kecamatan Tejakula melakukan penanaman 6 rumah ikan, selain itu juga dilakukan pelatihan monitoring bagi belasan nelayan ikan hias. Yunaldi yang menjadi fasilitator kegiatan berharap para nelayan bisa sama sama mengamati apa yang terjadi di laut Desa Les. Selama dua hari pelatiahan dilakukan diwaktu senggang mereka. Yang menarik ketika tangan tangan keras memegang satu kamera digital yang kecil itu, tangan tangan kaku itu mencoba membuka case kamera under water. Satu persatu dari nelayan mengambil gambar.
Dalam dua tahun terakhir nelayan Desa Les terus berupaya menambah rumah rumah ikan dengan harapan untuk memperbaiki sumber daya ikan hias yang menjadi tumpuan mata pencarian mereka. Rumah rumah yang ditanam pada pertengahan tahun 2010, membuahkan hasil yang cukup menjanjikan. Hasil panen nelayan ikan hias Desa Les dari rumah rumah ikan buatan ini antara lain adalah : Blustun dan Udang Wayang.

Dengan adanya terumbu buatan sebagai rumah ikan, melayan ikan hias Desa Les berharap dapat mencari ikan yang lebih banyak. Meski dalam beberapa tahun terakhir lokasi penangkapan ikan semakin sempit namun Kelompok Nelayan Mina Lestari terus berupaya memperbanyak rumah ikan buatan.

Walhasil terumbu buatan yang telah ditanam di Desa Les adalah "Roti Buaya", Rumah ikan bentuk kubah "Fish Dome" dan Rumah Udang "Shrimp Pod". Selama ini Yayasan LINI bersama Kelompok Nelayan Mina Lestari telah menurunkan 39 Roti Buaya, 55 buah Rumah Ikan dan 780 Rumah Udang. Terumbu buatan ini diletakkan dikedalaman 3-35 meter dibeberapa Desa. Untuk mempercepat penempelan larva karang pada terumbu buatan ini, dilakukan pula transplantasi karang jenis Acropora.

Dalam kegiatan HLH dan WOD Yayasan LINI bersama Kelompok Nelayan Mina Lestari juga mengadakan lomba Mewarnai dan Menggambar tingkat SD dengan katagori Mewarnai dari kelas 1 sampai kelas 3, sedang menggambar dari kelas 4 sampai kelas 6,dari perlombaan ini diharapkan generasi nanti dapat makin mencintai kehidupan laut. Kegiatan ini diikuti 41 anak serta melakukan pemutaran film yang bermuatan pendidikan. Semoga kelak Desa Les dan sekitarnya memiliki pejuang tangguh untuk membela lingkungan di Desanya.

Salam,
Fadlik Al Iman



Tidak ada komentar:

Posting Komentar