Rabu, 30 Mei 2012

Sunda Kelapa

pelabuhan Sunda KelapaNama pelabuhan ini lebih terkenal dari nama kecamatan Penjaringan itu sendiri. Terletak di sebelah utara, Sunda Kelapa banyak menyimpan catatannya. Daerah ini dulu dikenal dengan sebutan Kelapa. Desa desa di sekitarnya berkembang bersama waktu, hal ini menjadi cikal bakal dari Kota Jakarta yang semakin bising. Dari sejarahnya pelabuhan Kelapa adalah pelabuhan besar kerajaan Pajajaran yang sekarang menjadi Kota Bogor yang kemudian direbut oleh pasukan Demak dan Cirebon.

Pada Abad ke 16 barulah didengungkan hari jadi Kota Jakarta yang kita ketahui pada tanggal 22 juni 1527. Namun sejarah Sunda Kelapa terjadi jauh sebelum Jakarta ada, sebelum berdirinya Pajajaran terdapat kerajaan Tarumanegara, yang kemudian ditaklukan oleh Sriwijaya. Saat ini pelabuhan Sunda Kelapa melayani kapal antar pulau, pelayanan barang dari barat ke timur Indonesia. Pelabuhan ini memiliki luas daratan 760 hektar dengan luas perairan 16.470 hektar.

menjadi tempat wisataDinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta mengelolanya sebagai tempat wisata Bahari, di sekitar pelabuhan ini terdapat museum Bahari dengan bangunan peninggalan VOC. Pelabuhan Sunda Kelapa memiliki dua pelabuhan, pelabuhan Utama dan pelabuhan Kalibaru.  Dikedua pelabuhan ini bisa bersandar ratusan kapal kayu layar yang bisa juga digerakkan dengan mesin. Dari segi perekonomian pelabuhan ini sangat menguntungkan karena strategis menjangkau Pasar Pagi, Mangga Dua, Glodok dan yang lainnya. Meski pelabuhan ini terlihat tua, namun pelabuhan ini tidak pernah tidur. Dari buruh angkut, sopir, mandor, penjaga parkir, tukang jualan, semuanya menyandarkan hidup di pelabuhan tua ini.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar