Selasa, 22 Mei 2012

Memilih Sepatu


Ketika ada ide melakukan perjalanan maka yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat perencanaan. Mau kemana, melakukan apa dan bla bla bla. Pemilihan perlengkapan harus sesuai dengan apa yang kita inginkan. Saya jadi teringat dengan kata kata Alm. Norman Edwin. Ketika kamu mendaki, maka cintailah kakimu. Hal itu yang selalu saya terapkan. Salah satunya adalah dengan pemilihan sepatu yang pas dengan medan yang dihadapi.


Sepatu dengan tapak yang baikAda sepatu yang kuat, tetapi tidak cocok di medan yang berair. Ada sepatu yang ringan tetapi tidak cocok di medan yang panas dengan kerikil yang tajam, oleh karena itu pilihlah sepatu dengan seksama. Pilih sepatu yang sesuai bentuk kaki, biasanya untuk melakukan perjalanan yang jauh, mendaki, di tempat yang dingin, gunakanlah sepatu yang lebih besar, terlebih jika bahan sepatunya terbuat dari kulit, maka dalam keadaan dingin bahan tersebut akan mengkerut. Jadi nggak perlu takut di medan yang berat, tidak dianjurkan memakai sandal jika mendaki gunung, meskipun sendal itu adalah sandal gunung. cari sepatu yang bisa melindungi sampai mata kaki, kulitnya tebal dan tidak mudah sobek. 
Usahakan pula memilih sepatu yang bagian dalamnya lunak, tidak baik memilih sepatu yang di depannya keras seperti yang dipakai para penambang, karena untuk medan di gunung yang terjal dan dingin justru kulit kaki akan sakit menyentuh besi ujung sepatu. Ada sepatu yang tapaknya keras, ada yang lunak, yang jelas tapak sepatu bisa mencengkram tanah apabila digunakan. Nah ini yang penting. Sekarang banyak produk sepatu yang jual dengan bahan memiliki ventilasi dalam arti kata lain pori pori kaki bisa bernapas. Selamat mencari.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar