Senin, 14 Mei 2012

Melihat Keindahan Alam Bawah Laut

Athur Hamilton seorang penyelam senior asal Florida berkata "Anda belum melihat dunia apabila belum menyelam di dasar laut. Mungkin hal itulah yang memicu banyak orang untuk menyelam, Hamparan laut yang luas jika dilihat dari daratan tidak begitu nampak memiliki kekayaan hayati yang luar biasa, namun bila anda masuk, melihat di dasar dasar laut ada potensi kehidupan, maka hal itu akan makin membuat lita bangga terhadap Negeri kita. Indonesia memiliki garis pantai terpanjang keempat di dunia dengan panjang mencapai lebih dari 95.181 kilometer.

Pada tahun 90-an terumbu karang banyak dirusak dengan potas dan bom. Percayakah anda bahwa lebih dari 75% dari semua jenis koral dunia; 53% individu koral dunia, sekitar 600 jenis lebih dari 3.000 jenis ikan, memiliki hamparan mangrove paling luas di dunia, wilayah pemijahan dan pembesaran tuna terbesar di dunia, hal itu yang dimiliki Indonesia. Dari laut Indonesia bisa menghasilkan sekitar US$2,3 milyar/tahun, namun ancaman ada di depan mata jika kita tidak menjaga kekayaan laut kita dengan tidak merusak karang.

Menyelam merupakan kegiatan yang menyenangkan, dari sini kita bisa membayangkan begitu kayanya Indonesia yang terdiri dari 17000 pulau pasti alam bawah lautnya sangat kaya dan beragam. Dikelilingi perbatasan antara laut Andaman, Singapura, Laut Cina Selatan, Malaysia, dan Filipina, serta samudra Pasifik Papua Niugini, Samudra Hindia dan Australia. Diapit oleh dua benua dan dua samudera. Begitu banyak tempat yang indah untuk menyelam, jadi nggak perlu jauh jauh ke luar negeri. Ada di Pulau Seribu, Karimun Jawa, Ujung Kulon, Kalimantan yang terkenal akan Ikan napoleonnya, Bali, Sumbawa, Komodo, bangka, Wakatobi, Banda, Flores, Bintan, Bunaken, Makasar, dari sabang sampai raja Ampat di Papua. Selamat melihat keindahan bawah laut.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar