Senin, 14 Mei 2012

Desa Pemuteran

 melihat keindahan bawah lautBali, 12 mei 2012. Di Bali utara terdapat satu pantai lagi yang sering dikunjungi wisatawan. Desa Pemuteran terletak dipesisir barat dari pulau Bali ± 55 km arah barat kota Singaraja dan 30 km dari Gilimanuk. Letaknya yang berada diantara gugusan perbukitan dan laut menjadikan tempat ini menjadi sangat eksotis. Yang tak kalah adalah latar pegunungan dengan tebing tebing terjal yang menggoda untuk di panjati. Pantai Pemuteran merupakan obyek wisata yang sangat cocok bagi wisatawan yang suka tempat sepi dan jauh dari kebisingan. Kebanyakan para nelayannya tidak berasal dari Bali, ada yang dari Banyuwangi, Madura, Surabaya, sulawesi dan beberapa daerah lainnya.


Karang laut yang dipelihara secara profesional dan proyek penangkaran penyu juga ada di desa ini. Lima tahun yang lalu beberapa yayasan yang bergerak untuk pelestarian terumbu karang mengembangkan obyek penelitiannya pada karang, tempat ini memang tepat untuk pengembangan terumbu karang ke depan ujar nelayan yang mengubah profesi menjadi pengusaha ikan hias ini. Pantai ini juga digunakan untuk pengembangan mutiara hitam, di daratan ada yang mengupayakan ikan bandeng, lele sebagai penghasilan utama usahanya.


 desa PemuteranMeskipun telah dikembangkan sebagai obyek wisata, pantai ini masih menunjukkan keasliannya. Masyarakat pantai masih mempergunakan peralatan tradisional seperti perahu dan jaring untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari. Di desa ini juga terdapat Pura Pemuteran yang terkrenal dengan sumber air panasnya. Berbagai fasilitas wisata sudah tersedia di tempat ini, dari hotel melati sampai hotel bintang lima , restoran serta dive center dengan mudah dapat ditemui disini. beberapa tempat penyewaan alat untuk diving dan snorkeling bisa didapatkan disini, jadi jangan lupa, kalau ke Bali utara mampir aja ke Pemuteran.


Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar