Rabu, 02 Mei 2012

JORONG

Perjalanan panjang yang melelahkan dari Pangkalan Bun menuju Jorong di Kabupaten Sukamara. Jorong masuk dalam Kecamatan Pantai Lunci yang berpenduduk 5614 jiwa di tahun 2010. Daerah ini memiliki luas 804 meter persegi. Dari Pangkalan Bun bisa digunakan dua akses jalan via air yakni melewati selatan pulau Kalimantan serta dari Pangkalan Bun membelah kecamatan Kotawaringin Lama kemudian Sukamara. Dari Sukamara lebih kurang 2 jam perjalanan dengan medan hamparan savana layaknya Taman Nasional Ngorongoro di Afrika. Di Savana terdapat tanaman ujung atap, kantong semar serta anggrek tanah yang terkenal. Ada rusa, burung kareo padi dan yang lainnya.


sosialisasi luar ruangan di JorongJalan berpasir yang gembur, sekarang diperbaiki. Semuanya menjadi lebih cepat dan mudah. Di desa ini terdapat Sekolah Muhammadiyah yang tertua di Kabupaten Sukamara. Di area ini sekolah-sekolah berdekatan, dari SMA, SMK, SD dan SMP. Lapangan yang luas sering dipakai untuk berolah raga oleh banyak orang. Ketika kami mengunjungi desa tersebut, kepala Desa menyambutnya dengan ramah, beberapa cerita terlontar dari Kepala Desa. Orangnya senang lelucon. Dari pembicaraan yang penuh canda kami coba untuk serius.


kami menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan di desa. Sosialisasi melalui pendidikan lingkungan sangat diperlukan, hal ini dikarenakan masih banyak penduduk yang dengan sengaja membuang sampahnya sembarangan. Hal yang menarik dan menjadi kebiasaan adalah membakar ladang yang ditumbuhi alang-alang atau rumput liar. Perburuan rusa juga terjadi secara illegal. Orangutan sering ditemukan di perbatasan hutan Suaka Margasatwa Sungai Lamandau, hal ini yang menjadi acuan bahwa kami perlu melakukan sosialisasi disini. Melalui pendidikan lingkungan diharapkan semua secara sadar mengubah gaya hidupnya sedikit demi sedikit menuju prilaku yang ramah lingkungan.


Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar