Rabu, 30 Mei 2012

Hidup harmonis bersama satwa di dalamnya


ular di kamar mengintai buruanAlam Bali masih dirasa memiliki keseimbangan. Budaya beradad abad lamanya mampu penjaga keasrian. Tinggal di Ubud Bali dalam waktu yang lama merupakan kenikmatan tersendiri. Dengan dua lantai yang harus dijaga dengan halaman luas di depannya. Untuk gambaran saja bahwa di sekeliling rumah masih banyak terdapat kebun, sawah serta tanah kosong, hal ini memungkinkan hewan liar hidup di sekitarnya. Yang hebat kadang beberapa diantaranya masuk ke rumah. Rasa takut pasti ada, namun tenang dulu, pasti ada solusinya. Saya akan berbagi cerita berdasarkan pengalaman.


lebah membuat sarangRoberta Giovedi bertanya kepada saya ketika seekor ular masuk ke kamar tepat pada hari ulang tahun saya 27 mei 2012 lalu. Ular masuk dari lantai dua, lewat celah kaca yang dibuat berlubang untuk ventilasi, hal ini mungkinkan ular untuk masuk, karena tepat di belakang rumah terdapat dua pohon kelapa yang memiliki tinggi 7-8 meter. Ular mencari mangsa, tikus, tupai atau cicak yang akan dilahapnya. Terus terang saya gugup, namun berusaha tenang sambil mengingat ngingat materi ular yang diajarkan belasan tahun yang lalu. Saya ambil stik dan bahan hamuk untuk membungkus ular itu, berharap satwa ini akan saya bawa ke ahli ular di Bali. Namun pemikiran itu berubah karena saya masih berharap ular itu bisa hidup di sekitar rumah. Ular yang hidup serta kucing yang ada di sekitar, tikus tidak berani masuk ke rumah, hal ini dimungkinkan karena di luar rumah masih seimbang alamnya atau di rumah kami yang tidak ada makanan hehe.., selain ular ada juga lebah. Di langit langit kamar lebah sering membuat sarang. Di dalam kamar tidur terdapat satu sarang. Lebah ini memang cukup berbahaya, ketika hidup lama di Kalimantan saya pernah diantuknya hingga gelang di kaki harus saya lepas karena bengkaknya besar sekali. 
tarantula berkamuflase di kamar mandi

Pada prinsipnya ular, lebah, tarantula tidak akan membunuh kita, apakah anda pernah mendengar ada manusia yang mati dililit ular di dalam rumah atau kamarnya sendiri ?. Diantuk lebah atau dibunuh trantula, kita banyak mendengar dan melihat orang mati tertabrak, depresi hingga bunuh diri atau sakit lainnya ketimbang dibunuh satwa. Satwa hidup dengan buruannya sendiri. Ketika kita tidak mengusik mereka maka mereka akan hidup sewajarnya. Kami percaya, tidak ada tikus di atas langit langit rumah karena ular menjaganya. Bunga bunga yang mekar karena anda lebah yang berperan, serangga serangga kecil jadi jatah tarantula. Banyak misteri alam yang belum kita ungkap, ketika kita sebagai manusia mampu hidup harmonis, maka percayalah.., semua akan baik baik saja. Bahkan jauh lebih baik.


Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar