Senin, 14 Mei 2012

Air Terjun Yeh Mempeh

Akses jalan menuju air terjun sedang diperbaiki
Desa Les di Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng Bali tidak hanya menyajikan keindahan panorama laut dengan bersenorkeling dan diving, tapi juga terdapat air terjun yang bisa melepas rasa lelah. Air Terjun ini mencapai tinggi kurang lebih 30 meter yang dikelilingi oleh pemandangan alam yang masih alami dengan latar belakang perbukitan. Dari jalan utama masuk ke dalam lebih kurang 1 km, terus menanjak hingga kita bisa memarkir kendaraan di pintu masuk, untuk kendaraan motor bisa diparkir lebih dalam lagi yakni di Pintu air.

Air Terjun Les Singaraja merupakan salah satu objek yang cukup menakjubkan untuk anda kinjungi jika berlibur ke Bali. Dari Singaraja memakan waktu 45 menit perjalanan, jaraknya lebih kurang 38 km dari Ibu Kota Buleleng. Air Terjun Les ini sering disebut dengan sebutan Air Terjun Yeh Mampeh yang dalam bahasa Indonesia berarti Air Terbang. Disebut Yeh Mampeh karena ketinggian air terjun yang lumayan tinggi menyebabkan air terjun seolah olah terbang sebelum jatuh ke bawah. dari radius 100 meter kita bisa menikmati hembusan air terjun yang membias sampai ke kulit. Sungguh pengalaman yang indah.

Di dalam kawasan terdapat penginapan yang disewakan, harganya berkisar dari puluhan ribu sampai ratusan ribu, perlahan akses menuju air terjun yang sempat rusak akan diperbaiki desa. Air terjun ini dikelola oleh desa yang kemudian dipercayakan untuk pengembang agar dikelola. Jika perut kosong tak perlu khawatir, beberapa warung menuju air terjun yang dikelola warga siap melayani kita, harganya cukup terjangkau.

Jadi jangan lupa, jika anda ke desa Les, belum lengkap tanpa mengunjungi air terjun  Yeh Mampeh.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar