Senin, 07 Mei 2012

Camp Buluh

Camp Buluh SMS Lamandau
Camp Buluh memang sepi dari hiruk pikuk kesibukan manusia, hanya sesekali terdengar bunyi mesin dompeng memecah kesunyian. Kawasan Suaka Margasatwa Sungai Lamandau (SMS Lamandau) merupakan tempat pelepas liaran orangutan. Ada beberapa cerita dari pinggiran kawasan SMS Lamandau, kenapa manusia tidak pernah diberi susu oleh orang yayasan sementara Orangutan terus diberi susu. Tempat orangutan yang dulu luas tergantikan tempat manusia, habitat orangutan semakin menyempit, Tempat mencari makan semakin sulit. Orangutan dan satwa lainnya wajib dilindungi, bukan hanya untuk dilihat, melainkan diamati, diteliti dan pasti berguna untuk ilmu pengetahuan.

Status kawasan SMS Lamandau sebagai wisata terbatas, hal ini hanya untuk pendidikan. Orangutan sangat menarik untuk diteliti, Orangutan dapat menggunakan tongkat sebagai alat bantu untuk mengambil makanan, dan menggunakan daun sebagai pelindung sinar matahari serta hujan. Camp Buluh memang sunyi, tepat untuk para peneliti mengamati, kebanyakan orangutan disini adalah hasil sitaan kemudian dilepas liarkan kembali.

Orangutan jantan dapat membuat panggilan jarak jauh yang dapat didengar dalam radius 1 km. Digunakan untuk menandai/mengawasi arealnya, memanggil sang betina, mencegah orangutan jantan lainnya yang mengganggu. Mereka mempunyai kantung tenggorokan yang besar yang sehingga mampu mengeluarkan suara hingga jauh. Orangutan betina jika ditemukan bersama anaknya biasanya dibunuh, anaknya dipelihara. Hal ini yang menyebabkan populasi orangutan menurun.


Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar