Jumat, 20 April 2012

Keterkaitan khayal dari kartu remi


 kartu pesan lingkunganMain kartu sebuah aktivitas mengisi waktu, ada yang punya hobi, bahkan sampai jadi judi. Lain halnya dengan kami, mengisi waktu lelah, rehat ditengah perjalanan panjang seharian. Jalurnya dari Tejakula utara Bali lalu ke Sanur di selatan, istirahatnya di Ubud. Menikmati kopi, teh hangat serta makanan ringan seadanya.




 pesan orangutanSaya, Andre, Yoel dan Ariani memainkan beberapa kartu remi, yang menarik karena dibelakang kartu terdapat pesan-pesan lingkungan. Sebelum main kami memperhatikan pesan demi pesan. Yang menarik bagi saya ada juga tulisan "Orangutan termasuk jenis frugivore yang artinya pakan utamanya didominasi oleh buah-buahan". Kemudian saya teringat perjalanan hidup di Kalimantan. Belum lama juga kami meminta beberapa jambu di Kintamani dari anak-anak dengan gratis.


Permainan ini semakin menarik, karena hal yang baru untuk Ariani. Secara kebetulan kartu remi ini diberikan seorang teman yang berkebangsaan Jerman, Vin namanya, sedangkan Ariani seorang Jerman campuran Nganjuk Jawa Timur. Dari perjalanan membelah utara sampai ke selatan, rehat sejenak, bersama pakan buah-buahan orangutan yang berkebangsaan Jerman. Hal yang aneh untuk dirangkai. Yang penting rasa capeknya sedikit hilang. Pesan lingkungan pun kami dapatkan.


Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar