Jumat, 04 Maret 2016

Indonesia Memanggil

Yang membuat lemah KPK atau badan-badan seperti KPK di seluruh dunia, political will eksekutif dan legislatif melemah. Kalau sudah begitu, pasti KPK tak ada apa-apanya.


Faktor lain yang membuat KPK tak berdaya adalah intervensi politik. Intervensi politik punya peran besar melemahkan KPK. Sebagai lembaga antikorupsi, KPK seharusnya bekerja independen.
Faktor lain yang tak kalah penting membuat KPK macan ompong datang dari internal lembaga itu. KPK tak bisa menggigit lagi jika para komisionernya lebih memilih diam alias lebih senang status quo.

Saya berharap calon komisioner KPK yang mendaftar ada yang betul-betul menguasai hukum acara pidana. Hal ini penting karena KPK kini menghadapi kondisi hukum yang berbeda.

Pemahaman terhadap hukum acara pidana menjadi penting. Sebab, penetapan tersangka sudah masuk, ke dalam objek praperadilan sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).
Makanya kita harapkan, orang itu mempunyai integritas dan kompetensi. Mestinya dari lima pimpinan KPK itu ada yang menguasai itu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar