Senin, 09 Februari 2015

MULAI MENULIS

Perjalanan yang kami lakukan salah satunya sebagai proses pembuktian,  apakah itu ada atau hanya asumsi,  isu, rumor dan lain sebagainya.

Proses yang kami lalui dibiasakan untuk mencatat, dari mencatat bisa makin membuat kami mengingat proses lebih pekat.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengingat,  salah satunya dengan menceritakan proses yang sudah dilalui atau dengan membuat catatan kaki.

Trik yang biasa kita lakukan juga dengan mengusung kata yang mudah diingat dalam perjalanan,  misal,  rumput gajah, biogas, pohon jabon dan masih banyak kata yang mewakili.

Orang sering lupa bahwa membaca adalah awal mula proses mencatat, itu mengapa ada istilah membaca dengan telinga,  penciuman,  bertanya, melihat atau eksperien lainnya.

Kita bisa mengutip kata-kata orang yang kemudian dijadikan kata-kata kita sendiri, hal ini dilakukan juga agar kita mengingat. Kegiatan ini bisa langsung dengan menyadur atau merangkum kata.

Komunikasi lisan sangat erat hubungannya karena itu terkait dengan fokus, emosi kita, kejadian dan lain sebagainya. Itu sebabnya kadang kita bisa tertawa apabila membaca tulisan kita yang lalu.

Dengan memulai  menulis berarti kita telah membuat sejarah, minimal sejarah untuk kita sendiri. Teruslah menulis untuk kemajuan Mapala Stacia UMJ.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar