Rabu, 25 Februari 2015

MUDAHNYA MENANAM

Menanam itu menyenangkan,  nggak ribet, nggak mahal. Menanam itu menyehatkan, sehat raga sehat jiwa. Jika anda nggak percaya, silahkan coba di sekitar anda.

Lihat ada apa, lahan kecil, barang barang rongsokan seperti panci bolong, kaleng cat bekas, ember pecah, bahkan karung usang. Itu semua bisa digunakan menjadi pot.

Sekarang babak pertama yang harus disiapkan adalah tanah kaya unsur hara, biasanya campuran pupuk.

Sisa sisa makanan yang tidak berminyak bisa dijadikan pupuk, nasi basi, sayuran, daun kering, kulit buah, air cucian beras dan masih banyak lagi cara murah untuk membuat tanaman indah, berkah melimpah.

Yang terpenting pot dalam keadaan lembab, itu bedanya jika kita menanam langsung di tanam seperti halaman atau kebun. Terlebih jika potnya terbuat dari kaleng, besi dan sejenisnya.

Apabila terkena sinar matahari maka akan mudah panas yang berakibat tanah menjadi kering.

Taburi benih yang sudah disiapkan,  jikalau daun muda telah bercabang maka tanaman siap di pindahkan. Perlakuan tanaman dengan baik, terlebih jika usianya masih muda.

Monitoring dengan menyiram, memberi pupuk,  memangkas daun yang tidak perlu, menggemburkan tanah, tanpa mengganggu tanaman dan masih banyak lagi proses sederhana lainnya. Hingga tanpa sadar hasilnya sudah terlihat, tinggal menunggu, dibarengi ketelatenan maka hasil sudah di tangan.


Salam berbagi,
Fadlik Al Iman




Tidak ada komentar:

Posting Komentar