Sabtu, 15 November 2014

Pelatihan Manajemen Penelitian

Selama ini Keluarga Besar Mapala Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se Indonesia (Mapala PTM SI) telah melakukan banyak kegiatan, baik formal maupun informal khususnya di Rayon III (Jakarta, Jawa Barat, Banten dan sekitarnya). Sedikitnya dalam beberapa tahun terakhir melakukan kegiatan bersama, dimulai dari Safari ramadhan beberapa tahun yang lalu kemudian dilanjutkan dengan Pelatihan Pengamatan Konservasi Perairan serta pada tahun ini Rayon III melakukannya kembali dengan tema yang lebih umum yaitu Pelatihan Manajemen Penelitian.
Rapat persiapan Pelatihan Manajemen Penelitian
Rayon III sendiri mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir ini, sedikitnya sembilan organisasi Mapala bergabung dalam kegiatan ini, bukan hanya itu, kegiatan yang juga mengundang peserta umum juga melibatkan Sispala serta guru setra tenaga pengajar lainnya.
Kegiatan di lakukan di kampus UMJ
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati hari pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu, persiapan kegiatan ini dilakukan dengan singkat, Dendi ketua kegiatan Pelatihan Manajemen Penelitian dari Imapala Uhamka memaparkan bahwa kegiatan ini seperti biasa dilakukan dari kita untuk kita, pembicaranya dari senior senior yang memang memiliki spesifikasi dibidangnya seperti Bang Agus salah satu pemateri yang pernah studi di Fakultas Biologi Uhamka yang sekarang menjadi Dosen. Dendi memaparkan kegiatan dibuat sesederhana mungkin tanpa mengurangi nilai keilmuan yang bisa diambil.

Tabrani salah seorang dari tim publikasi bercerita bahwa kegitan yang dirancang dalam beberapa hari ini adalah sebagai kegiatan pengikat tali silaturrahmi sesama Mapala PTM SI. karena selama ini kegiatannya rutin jadi tidak susah mengundang mereka, hanya dari no Hp dan Sarana sosial media tambahnya.

Kegiatan dilakukan dari tanggal 14 - 15 November 2014. Selain pembicara dari dalam kita juga menghadirkan pembicara dari luar, misal Bang Mulfi dari S2 Trisakti yang memang memiliki disiplin ilmu fotogrfi yang sekarang bekerja sebagai fotografer.
Pengamatan Kodok di sekitar fakultas Kedokteran UMJ
Arif salah satu peserta mengaku berkesan terhadap kegiatan yang dilakukan,terlebih ketika materi pengamatan kodok. Di akhir acara Arif memaparkan hasil presentasinya. Di sekitar aliran sungai menuju tanggul di Situ Gintung dalam waktu kurang dari satu jam beliau dan tim menemukan 6 kodok bangkong. 

Bersambung..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar