Rabu, 30 Juli 2014

Kebebasan

Kebebasan yang bertanggung jawab adalah kemampuan seseorang dalam menentukan sikap untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan minat dan bakat masing masing berdasarkan hati nurani yang benar.

Orang yang bebas adalah orang yang mampu mengexpresikan ide, dan berbuat suatu tindakan tanpa ada yang menghalangi orang tersebut untuk melakukannya. Orang yang bebas selalu dapat berbuat dan melakukan tindakan apa yang menurutnya benar. Kita bebas untuk berbicara, bebas untuk mengungkapkan perasaan kita, bebas untuk berkarya dan mengumandangkan ide-ide kita ke seluruh penjuru dunia.
Namun sadarkah kita bahwa dibalik kebebasan tersebut, ada terselubung suatu hal yang harus kita hargai yaitu tanggung jawab yang penuh atas segala ide, tindakan yang kita lakukan tersebut agar tidak merugikan pihak lain? Banyak dari kita mungkin tidak menyadari hal tersebut. Kita merasa terkekang dengan kata yang disebut tanggung jawab tersebut. 
Banyak orang merasa kebebasan tersebut adalah hak mereka yang harus meraka peroleh, tanpa memikirkan efek negatif yang ditimbulkan oleh perbuatan tersebut. Tidak sedikitpun terlintas dalam pikiran mereka hal-hal apa yang akan timbul dari perbuatan tersebut. Misalnya saja, orang bebas saja mengendarai kendaraan, namun dalam kebebasan berkendara tersebut, tentunya kita juga harus memikirkan orang yang berkendara disekitar kita,yang juga punya hak yang sama atas penggunaan jalan raya. Bukan sembarangan saja kita mengendarai kendaraan tersebut, sehingga dapat mengakibatkan kerugian pada orang lain.
Kebebasan yang bertanggung jawab adalah kebebasan yang kita jalankan, tanpa harus menimbulkan kerugian pada lain pihak. Kebebasan yang kita jalankan haruslah dapat memberi keuntungan pada diri kita dan juga kepada orang disekitar kita. Kita bebas untuk berbicara, namun kebebasan yang kita pakai tersebut janganlah kita gunakan untuk mefitnah orang lain sehingga merugikan orang tersebut. Kita bebas untuk bicara namun pembicaraan kita jangan sampai menyakiti orang lain.
Bebas untuk menulis memberikan kritikan, namun kebebasan tersebut tidak menyudutkan suatu pihak tertentu, namun memberikan jalan keluar atas suatu permasalahan yang kita kritik tersebut. Sehingga memang kebebasan yang kita pergunakan tersebut adalah kebebasan yang benar-benar memberi keuntungan bukan hanya untuk pribadi kita tapi untuk kepentingan orang lain juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar