Kamis, 12 Juni 2014

Gili Matra

Pendidikan lingkungan hidup di tiga Pulau yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air yang dikenal dengan sebutan Gili Matra sangat penting dilakukan, mengingat ketiga Pulau ini semakin lama semakin rentan terhadap pencemaran. Di Pulau yang terbilang sepi saja seperti Pulau Gili Meno terdapat sampah dimana mana, belum lagi pembuangan air yang menyerap di Pulau yang tidak begitu besar, sisa sisa limbah makanan masuk ke dalam tanah seperti minyak.

Belum lagi di lautan bahwasanya kelestarian terumbu karang mendapat ancaman dari sampah sampah yang pada akhirnya bermuara di laut. Pada tanggal 11 Juni 2014 beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat bekerjasama melakukan pendidikan lingkungan hidup kepada kelas 3 -5 di SD yang ada di Pulau Gili Meno di Lombok.

60 anak dari tiga sekolah belajar dan bermain di dalam serta luar ruangan, Pantai menjadi salah satu tempat pembelajaran yang baik untuk menjelaskan abrasi, intrusi serta pelestarian penyu hijau. kami mengambil tempat di Gili Menu karena tempat ini yang paling sepi dari turis sehingga cukup baik untuk belajar ungkap Bibi staf dari WCS. Semoga kegiatan ini berkesinambungan sehingga menciptakan pahlawan pahlawan baru yang membela lingkungan di Gili Matra.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar