Perjalanan berkelok tajam langsung menanjak membuahkan panorama yang memukau. Pemandangan ini bisa dirasakan ketika kita mengunjungi Tukad Tiis di Seraya Timur, Karangasem. Pemandangan yang indah tidak secara otomatis tercermin pada smangat belajar yang indah pula. Ketika dilakukan uji coba terhadapanak ternyata pola pengajaran juga harus disesuaikan dengan kemauan anak, artinya inovasi lewat permainan, bernyanyi mestinya ada sebagai alat perekat dengan mata pelajaran yang dituju.
Usai pulang sekolah anak anak belajar bersama di luar rumah, bermain, semua menjadi guru, satu sama lain memberikan informasi semampu yang mereka ketahui. Misalnya saja apa yang kamu ketahui tentang ikan, anak anak itu lebih mengetahui dari pada saya, karena kehidupannya sangat akrab dengan laut.
Suasana itu amat saya nantikan, begitu pula dengan anak anak, mereka menantikan ilmu pengetahuan yang baru baginya. Jadi jangan salahkan anak apabila tidak mau belajar, semua tergantung metode penyampaiannya, apakah dengan paksaan atau pilihan yang mereka sendiri menentukan. Semua tergantung dari kita mendidik, mengarahkan tanpa mereka tahu mereka sedang diarahkan.
Salam berbagi,
Fadlik Al Iman
Usai pulang sekolah anak anak belajar bersama di luar rumah, bermain, semua menjadi guru, satu sama lain memberikan informasi semampu yang mereka ketahui. Misalnya saja apa yang kamu ketahui tentang ikan, anak anak itu lebih mengetahui dari pada saya, karena kehidupannya sangat akrab dengan laut.
Suasana itu amat saya nantikan, begitu pula dengan anak anak, mereka menantikan ilmu pengetahuan yang baru baginya. Jadi jangan salahkan anak apabila tidak mau belajar, semua tergantung metode penyampaiannya, apakah dengan paksaan atau pilihan yang mereka sendiri menentukan. Semua tergantung dari kita mendidik, mengarahkan tanpa mereka tahu mereka sedang diarahkan.
Salam berbagi,
Fadlik Al Iman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar