Sabtu, 08 Februari 2014

Ummu Imarah

Para pendidik muslim pasti tidak melewatkannya, kisah satu wanita dengan perbandingan 1000 laki laki. Betapa tidak, beliau selalu menjadi perisai dalam menjaga Rasulullah SAW dalam berperang. Ummu Imarah termasuk sahabat pendahulu yang memeluk Islam, dari 75 orang, 73 adalah kaum laki laki, satu diantara dua wanita adalah Ummu Imarah.

Ummu Imarah memiliki empat anak dan ketiganya mati dalam keadaan syahid, beliau mencetak generasi generasi yang tegar dalam menjalankan keyakinannya. Sepeninggal Rasulullah SAW, di zaman Abu Bakar RA banyak sekali yang mengaku sebagai nabi, Ummu Imarah turun berjihad memerangi kaum tersebut.

Tahun ketiga setelah Hijrah Ummu Imarah turun dalam perang Uhud mengurus logistik dan kesehatan. Ketika kaum Muslimin terdesak maka Ummu Imarah di samping menyelamatkan Rasulullah SAW.

Sepertiga dari pasukan dihasut Abdullah bin Ubay, hal ini yang membuat Ummu marah dan menganggap Abdullah sebagai munafik dan lebih keji dari hewan. Ketegarannya dalam membela agama patut dicontoh, beliau terus berjihad, banyak luka ditubuhnya kemudian Ummu Imarah kehilangan salah satu tangannya.

Rasulullah berdoa kepada Alloh SWT agar Ummu Imarah menjadi teman temannya di Surga, hal ini tidak berlebihan, ketika luka yang menahun karena dalamnya luka Ummu Imarah maka Rasulullah SAW pun berkomentar "siapa yang mampu berbuat seperti yang telah engkau perbuat, kau tidak pedulikan keselamatan kau dan anakmu demi menyelamatkan Aku".

"Subhanalloh"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar