Senin, 17 Februari 2014

Daan Mogot

Banyak orang yang lebih mengenal Daan Mogot sebagai nama Jalan, ketika ditelusuri banyak yang tak tahu. Coba saja tanya kawan sekitar, paling paling jawabnya Jalan arah Kali Deres dari Grogol.

Ketika para pahlawan berjuang di usia mudanya, justru pada saat sekarang kita belum berbuat apa apa, lihat saja Bung Karno dan Bung Hatta, Panglima Jendral Soedirman yang meninggalkan kita di usia yang belum tua,apa lagi Daan Mogot.

Pahlawan yang satu ini tergabung dalam tentara PETA (Pembela Tanah Air), diusianya 14 tahun beliau sudah terdaftar berjuang, kebanyakan kawan kawannya masuk PETA di usia 18 tahun.

Di usianya yang 17 tahun dia dan kawan kawan mendirikan Sekolah Perwira Militer di Tangerang. Daan Mogot diangkat menjadi Direktur Utama Sekolah Perwira Militer di Tangerang.

Pada saat usia 17 tahun pula Daan Mogot gugur ketika ingin melucuti senjata dari Jepang. Ada 33 Taruna dan 3 Perwira gugur bersamanya dalam peristiwa Lekong, di salah satu saku korban ditemukan secarik kertas yang bertuliskan puisi. Begini bunyinya,

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar