Selasa, 21 Januari 2014

Luruskan Shaf

Untuk para pengurus Masjid, Mushola, Langgar ataupun Surau saya sarankan untuk membeli sajadah dengan yang polos hal ini saya amati dibeberapa Masjid di Bali, bahwa ada kecenderungan untuk makmum yang belum mengetahui bahwa skat skat yang ada pada sajadah tersebut adalah bagiannya, lalu bagaimana dengan yang bertubuh kecil, maka seringkah terjadi shaf sholat yang tak rapat.

Mestinya peran Imam membiasakan untuk mengingatkan sebelum sholat agar meluruskan dan merapatkan shaf, karena itu bagian dari syarat kesempurnaan sholat, sebagaimana sabda Rasulullah SAW :
"Lurus dan rapatkan shaf kalian, karena lurus dan rapat adalah syarat kesempurnaan sholat" dalam hadis lain juga diungkapkan bahwa :  Abdullah bin Mas'ud -yadhiyallahu anhu- berkata dari rasulalloh SAW : "Luruslah kalian dan janganlah kalian berselisih. Lantaran itu, hati hati kalian akan berselisih."

Masih banyak lagi hadis yang menguatkan tentang meluruskan shaf. Meski membeli sajadah itu tak wajib, setidaknya sajadah juga membantu agar kita merapatkan shaf.

Salam berbagi,
fadlik Al Iman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar