Jumat, 17 Januari 2014

Abdurrahman Bin Auf

Sosok yang harus menjadi tauladan untuk kita semua. Beliau adalah salah satu sahabat yang dimuliakan. Hartanya selalu dibelanjakan di jalan Alloh SWT. Sehingga diungkapakan bahwa pada masa itu tidak ada seorangpun yang tidak menikmati keberkahan darinya.

Beliau adalah Abdurrahman bin Auf, seorang yang meninggalkan Makkah tanpa membawa harta ke Madinah, hanya sehelai baju di badan. Ketika ada salah satu sahabat di Madinah yang menganggapnya sebagai saudara dan ingin memberikan harta untuknya namun Abdurrahman bin Auf menolak. Beliau hanya bertanya, "dimana letak pasar ?". Dengan kegigihannya kemudian Abdurrahman bin Auf menjadi orang yang cukup terpandang.

Kesuksesannya di dunia tidak melenakannya, justru beliau makin berani memberikan harta di jalan Alloh SWT. Ketika beliau dijadikan kandidat calon pemimpin berikutnya oleh Umar bin Khattab, beliau menolak dan diberikannya baiat kepada sahabat yang lain. Harta dunia tak dijadikannya alat untuk agar dia bisa memimpin. Hingga ketika beliau wafat para sahabat merasa sangat kehilangan. Sungguh beliau telah mampu membuktikan harta dunia "yang kebanyakan menipu" justru ditangannya bisa ditundukkan. Oleh karena itu beliau dijuluki mannusia bertangan emas.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar