Minggu, 03 November 2013

Kajian Ahad pagi di Masjid Baitul Makmur

Denpasar, 3/11/2013. Pagi ini kami di Masjid Baitul Makmur kedatangan pemateri dari Univ. Brawijaya Malang. Di dunia pertanian beliau telah dikenal, namun ada jauh lebih menarik untuk saya. Bahwa selama ini kita telah dilenakan dengan masalah Tauhid, Sistem Peribadatan dan Sistem Sosial, padahal Islam juga mengajarkan bahwa kita menggunakan analisa dan Intelektual, sistem nilai, persaudaraan dengan sesama, kebersihan jiwa dan raga, menyampaikan pengetahuan, bermasyarakat, membela kebenaran dan memerangi kemungkaran, berkelanjutan serta kesabaran dan tawakal akan hasil usaha.
Suasana  Kajian Ahad pagi di Masjid Baitul Makmur, Denpasar (beberapa bulan sebelumnya)
Islam telah lama mengajarkan hal itu namun pada pelaksanaannya banyak orang yang belum yakin dan melaksanakannya bahwa dalam ayat tersurat serta tersirat banyak sekali yang harus kita kaji. Lihat saja para pelopor kesehatan kita, al jabar dan masih banyak lagi. Dalam kandungan ayat ayat juga telah disampaikan tentang alam semesta, tentang gunung, tanaman, makhluk hidup dari air,  laut tawar dan asin, tentang langit sebagai atap terpelihara dan masih banyak lagi.

Dalam teori hibernasi yang ditemukan juga telah dijelaskan 14 abad yang lalu sementara kisahnya jauh sebelum itu, bahwasanya kisah Al Kahfi bisa dikaitkan dengan teori tersebut. Kita juga bisa membaca tentang lebah, tentang semut di surat An Naml, masih terlalu banyak yang belum kita kaji tentang pedoman yang sudah kita pegang lama ini, hanya dibaca, namun tidak diteliti lebih lanjut ungkap Prof. Dr. Ir. Ika Rochdjatun Sastrahidayat (Guru Besar Fakultas Pertanian Univ. Brawijaya dan Pembina Pusat Kajian Islam dan Sains "Bhima Sakti" Malang).

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar