Kamis, 21 November 2013

Anak

Adalah beberapa gerak yang membuatku menarik, ketika anak anak bercanda dan menyelanya dengan tawa. Kegiatan pagi seperti ini sudah biasa terjadi di pantai Timur Bali. Banyak nelayan mencari ikan di selat Lombok, ia mendorong jukungnya ke arah selat Lombok, dari pagi buta kepada pagi yang hangat di ujung pantai Seraya.

Anak anak sambil mandi menunggu bapaknya membawa hasil dari melaut. Pada musim musim tak menentu seperti sekarang memang sulit diprediksi tangkapannya. Seperti biasa nelayan menggunakan jaring untuk mencari tuna di lautan. Besarnya ikan beragam dari setengah kilo sampai 14 kilo gram, bahkan apabila beruntung mendapatkan puluhan kilo.
foto.fadlik
Namun ketika banyak orang yang menjaring tanpa memikirkan pelestarian laut maka akan berujung kepada anak, akankah mereka mandi dengan riang di lautan jika lautnya tercemar, sementara isi lautnya semakin sedikit. Para nelayan dari tahun ke tahun mengalami penurunan jumlah tangkapan, akankan anak anak mereka terus bisa sekolah atau membantu bapaknya melaut.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar