Kamis, 24 Oktober 2013

Pantai Sanur dan Ancaman Tsunami

Pantai Sanur memiliki ancaman besar terhadap Abrasi dan Tsunami
Pantai Sanur, Bali yang terletak di sebelah selatan dan timur ini berpotensi terkena hempasan Tsunami langsung dari Samudera Hindia. Batu batu besar yang dipasang sebagai tanggul pencegah abrasi di sepanjang pantai ketika terjadi Tsunami dikhawatirkan malah menjadi bumerang ketika hempasan Tsunami yang begitu keras menghantam pulau Bali. Batu batu akan dibawa arus akan menghempas siapa saja yang ada di darat.

Lain halnya jika terdapat pohon pohon Bakau, dahulu menurut cerita banyak sekali hutan Mangrove di sekitar pantai Sanur, namun ketika wisata mulai marak mengakibatkan Hotel, Wisma dan bangunan lainnya  mampu mengubah lahan hutan menjadi bangunan yang dihuni manusia. Sementara jikalau dilihat banyak sekali jalan jalan yang berkelok kelok, hal ini menyulitkan ketika mengevakuasi jika terjadi bencana.

Dari sekarang semestinya pemerintah tidak sembarangan memberikan ijin terhadap bangunan yang menyalahi konsep, kenyamanan, keamanan jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan harus bisa dihitung dari sekarang. Sementara ada hal lain yang menarik ketika terjadi gempa yakni di lautan, jika terjadi gempa ada terumbu karang yang rusak namun ada juga yang menjadi lebih baik. Intinya, Gempa tidak membunuh, Tsunami dapat dihindari, hanya saja manusia sering kali abai terhadap tanda tanda alam.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar