Sabtu, 19 Oktober 2013

Dermaga

Harapan semakin cerah ketika pancang pancang tegak dari beton berdiri menjorok ke laut. Dunia luar semakin terlihat, kita menjadi lebih cepat dewasa menerima, kemudian menyaringnya. Dermaga adalah tempat kapal ditambatkan di pelabuhan. Dari Dermaga banyak dilakukan kegiatan bongkar muat, meski dermaga ini masih sepi, namun harapan pasti selalu ada.
Salah satu dermaga di Kecamatan Liang, Kab. Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah

Ambil contoh, hasil bumi dalam bentuk rumput laut selalu ada permintaan dari pasar global, dimana dari rumput laut bisa digunakan untuk makanan sampai alat kecantikan. Dimulai dari Dermaga inilah semua dimulai. Banyak kapal yang menempatkan tambatannya hanya sekedar rehat, mengisi bahan bakar, mengisi air tawar sampai membuang saluran limbah kotor.

Banyak sekali manfaat Dermaga yang tempatnya harus dimaksimalkan sehingga berpengaruh pada kesejahtraan masyarakat sekitar. Meski gelap dan terang berganti, orang lalu lalang pergi dan pulang, namun Dermaga yang tampak lamun, berjasa, tanpa pamrih memberi. Satu Dermaga di sudut desa Kecamatan Linag, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar