Kamis, 05 September 2013

Cerita tentang Ubi

Tanggal 19 Juli 2013 saya merapat di Banggai, salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Banggai Kepulauan. Alamnya indah, meski sebagian besar pulaunya adalah daerah kapur namun selalu saja ada kelebihannya dalam daerah yang penuh dengan keterbatasan, akses jalan yang kadang rusak, runtuhan pohon yang menghalangi jalan tidak menyurutkan kami untukmenghampiri daerah Lumbi lumbia yang menjadi pusat kota dari Kecamatan Buko Selatan.
Ubi Banggai yang kerap ditanam di kebun dan pekaangan (foto.fadlik)

Di sepanjang jalan menuju Lumbi lumbia banyak sekali pemandangan yang membuat saya takjub, pohon bakaunya yang masih terjaga dengan baik, nyiur melambai dibawa tiupan angin serta pemandangan jernih lautnya yang bisa dipandang sampai ke dasar. Pada saat itu bertepatan dengan bulan Ramadhan 1434 H.
Ubi Banggai

Tak terasa matahari ingin merapat keperaduan, sebentar lagi waktu berbuka akan tiba. Tak lupa dari ingatan suguhan di atas meja makanan khas Banggai, bentuknya seperti kue gemblong dengan gula merah membalutinya. Ketika digigit sedikit, rasanya renyah, tak tertahankan. Bapak Dominggu memberitahukanku bahwa itu adalah Ubi Banggai. "Gillaa.. luar biasa enak", makanan itupun habis tiga ku makan.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar