Selasa, 09 Juli 2013

Dermaga

Siang yang terik disebuah Dermaga yang dahulu sering ku singgahi. Dermaga ini telah mengalami perkembangan, daerah ini pun semakin berwarna dengan dibukanya banyak wisata air. Pulau Tidung memang menjadi incaran penduduk Jakarta apabila ingin menikmati suasana laut yang indah dan dekat.
Dermaga Pulau Tidung. foto : Fadlik

Namun jangan sekali kali mengabarkan kalau kita dari Jakarta, karena pulau Tidung termasuk Jakarta. Biasanya kami menjelaskan dari darat. Perluasan pulau dilakukan dengan menguruk sekitar pantai, di beberapa area pulau padang lamun teruruk oleh perluasan area yang akan dijadikan penginapan. Sementara di tahun 80-90 banyak diambilnya karang untuk pondasi rumah.

Melihat kenyataan diatas beberpa inisiasi telah dibangun, bersama sama pemerintah, lembaga swadaya masyarakat dan semua coba menanam pohon bakau dan stek karang. Dari pengunjung yang ada agar jangan mencemari laut dengan membuang sampah, karena dengan sampah karang karang akan menjadi mati. Beriring semakin derasnya arus wisatawan yang masuk akankan penduduk tetap mengupayakan dengan menjaga kualitas pulau untuk tetap lesteri.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar