Rabu, 27 Februari 2013

Melihat Sanur Lebih Dekat

Pantai yang terletak di sebelah timur Bali ini sudah sangat lama dikenal sebelum pantai lainnya seperti Kuta, Amed, Seminya dan lainnya. Posisinya juga cukup strategis, di dekat pusat Kota Denpasar. Setahun sekali ada festival disini. Biasanya festival dilaksanakan selama sepekan, banyak kemeriahan yang tampak. Festival ini semakin lama semakin terkenal. Sanur menjadi salah satu incaran para pelancong.

 Seiring dengan perkembangam masyarakat, seiring itu pula bisanya lahan yang asri berubah menjadi beton, semua yang dulu bersih perlahan dibumbui sampah yang sentah darimana dan siapa yang melakukannya. Jikalau ini terus berlanjut maka jangan heran jikalau banyak pelancong yang memilih tempat lain untuk berwisata.

Masalah lainnya juga semakin sempitnya lahan untuk parkir jukung atau perahu nelayan lokal, hampir semua tanah di tepi pantai semuanya milik infestor yang ingin mengembangkan bisnisnya, dibukanya cafe cafe, santapan lezat cepat saji, tampa memikirkan ikan ikan yang dimakan sesungguhnya berasal darimana. Nelayan juga butuh dukungan untuk hidup, marilah bersama sama hidup selaras dengan memikirkan keragaman rantai kehidupan yang lebih luas, hingga kita bisa lebih harmonis membangun bali yang lebih lestari.

Salam berbagi,
Fadlik Al Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar